widgeo.net

Jumat, 16 September 2011

Makan malam bersama sebelum berangkat ke Jatinangor

Nikmatnya Konro Ratulangi



                Syukur alhamdulillahi rabbil alamien, sebelum saya pulang kembali ke Jatinangor kami sekeluarga (ayah, ibu dan adik bungsu ku) masih di beri kesempatan untuk berkumpul bersama. Kami melaksanakan makan malam / dinner di RM. Konro Ratulangi. Yah RM. Konro ini terletak di bilangan Jalan Ratulangi Kota Makassar, tepatnya lagi di samping SMA Nasional.
                Teman-teman tau kan Konro itu apa??yah konro merupakan salah satu makanan khas dari Kota Makassar. Konro yaitu olahan daging sapi, tapi daging sapi yang di olah hanya bagian rusuknya saja, atau biasa di kenal dengan tulang iga. Awalnya hidangan konro hanya berupa sup konro saja, yaitu daging iga sapi di sajikan dengan kuah, namun seiring berjalannya waktu olahan konro menjadi semakin bervariasi. Muncullah konro bakar.
Konronya lagi di bakar nih
                Nah untuk sajian yang satu ini, daging yang di gunakan tetap sama, yaitu daging iga sapi. Pertama-tama daging iga sapi di masak setengah matang, agar nantinya tidak alot ketika di makan. Setelah itu di daging iga sapi di bakar (pengolahan konro bakar ini sama persis dengan pengolahan sate). Setelah daging iga sapi matang di bakar kita tinggal memilih bumbunya. Ada 2 jenis bumbu yang di tawarkan di RM. Konro Ratulangi ini, yang pertama yaitu konro bakar dengan bumbu kacang dan yang kedua yaitu konro bakar dengan bumbu rica.
                Konro bakar dengan bumbu kacang ini rasanya agak manis dan gurih, cocok bagi anda yang menyukai sensasi oriental, karena bumbu yang di gunakan cukup sederhana, tanpa banyak tambahan rempah. Sedangkan Konro Rica, yaitu bagi anda yang menyukai rasa pedas manis. Konro ini di sajikan dengan menyiram iga bakar yang telah matang dengan bumbu rica-rica. Rasanya pedas manis, dan rasa rempahnya sangat terasa, namun sungguh nikmat terasa di lidah. Daging iganya juga menambah nikmat hidangan konro ini, karena sangat lembut dan bumbunya meresap hingga ke dalam daging. Untuk hidangan konro bakar, di sajikan juga dengan kuah sup konro. Jadi ketika di makan dengan nasi akan semakin segar dengan adanya kuah sup konro ini.
Sup Konro

Konro Rica

Konro Bakar Saus Kacang

                Tidak hanya sup konro dan konro bakar yang di sajikan di RM Konro Ratulangi ini, ada juga sup kikil. Sup kikil ini juga tidak kalah dengan sup konro, bedanya yaitu kalau sup konro daging yang di gunakan adalah iga sapi, sedangkan pada sup kikil daging yang di gunakan adalah kikil sapi. Di samping kenyal, kikil sapi ini juga tidak alot alias lembut. Pokoknya tidak nyesal deh makan di sini.
Hmmm.....Yummy :)

Sup Kikil


                Soal harga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena harganya hanya berkisar antara 25ribu hingga 30ribu rupiah per porsi. Silahkan mencoba J

6 komentar:

Bandar Jangkrik mengatakan...

Nice Share...
Saya sdh follow , saya tunggu follow baliknya ya ...

Unknown mengatakan...

Mksh :)

FITRIANI FIKLIA mengatakan...

assalamu'alaikum.
like this for "sop konro ratulangi"
follow me ya at fitrianifiklia.blogspot.com

Unknown mengatakan...

@fitria fikliani : Hahaha...ia mksh. Kpn2 jaalan lah ke mkssr, ntar sy traktir dah makan di sana :)

FITRIANI FIKLIA mengatakan...

okok daeng. InsyaAllah dah

Unknown mengatakan...

Amien, saya doakan, heheheee