widgeo.net

Kamis, 15 September 2011

Kuliner Makassar


                Hay….hay…teman2, waduh udah lama nih gak nge-posting lagi, hehehe….maaf, soalnya belakangan ini sy sibuk sekali, banyak sekali kegiatan yang mesti sy lakukan, mulai dari kunjung purna, kunjung pejabat sampai prosesi pernikahan purna praja. Tapi sekarang bukan itu yang mau saya ceritakan.
                Dalam postingan kali ini, sy mau memperkenalkan (sebenarnya gak usah di kenalkan sih, soalnya udah terkenal, tp drpd gak nge-posting sama skali, hehehe) makanan/jajanan khas Makassar. Langsung aja yah saya perkenalkan satu per satu :
1.       Es Pisang Ijo
Nah kalau yang satu ini sy yakin, pasti teman2 semua sudah pada tau kan. Yah pisang raja yang di balut dengan tepung beras yang empuk ini emang makanan andalan sy kalau pulang ke Makassar, pokoknya wajib ada kalau sy pulang, hehehe. Oia warna hijau nya itu bukan dari pewarna loh, biasanya kalau di Makassar kami menggunakan sari pandan, jadi makanan ini di jamin fresh & healthy.
Nah komponen dari Es pisang ijo ini terdiri dari es batu yang sudah di serut, susu kental manis, fla/bubur sumsum, sirup DHT (Ini yang buat beda Es Pisang Ijo yang di jual di Makassar dengan yang di daerah lain, soalnya Es Pisang Ijo paling cocok pake sirup DHT, dan permasalahannya adalah, sirup DHT cumin ada di Makassar, jadinya orang yang jual pisang ijo di daerah lain pasti menggunakan sirup lain) dan intinya adalang pisang ijo.
Pisang Ijo

Ini dia nih komponennya, Sirup DHT, Susu, Fla & Es Batu Serut

Fla

Susu Kental Manis

Sirup DHT (Rasa Pisang Ambon)

Semua komponen di campur menjadi satu

Setelah di aduk rata, Es pisang ijo siap di santap, Segerrrrr
Paling mantap makan es pisang ijo ini siang hari atau pas buka (tapi di makan kapan aja tetap mantap ko, ane jamin gan ! ).  Sumpah, kuah nya saja udah seger, di tambah manisnya sirup DHT makin membuat tenggorokan adem, pokoknya wajib coba deh.
Oia, kalau di bandung ada juga kok yang jual, salah satunya di jalan Riau. Rasanya juga gak jauh beda kok
Hidangan Makanan Khas Makassar di RM Sop Konro Marannu Jl. Riau
Rasa makanannya pun gak jauh beda dengan aslinya, mantap gan
2.       Cucuru Bayao
Warnanya kuning, bentuknya agak bulet, terus rasanya manis dan gurih. Gurih karena di dalam kue ini ada pecahan2 kenari, terus manis nya karena di siram dengan air gula. Kue ini biasa juga kami sebut kue pengantin, soalnya palinng sering ada (soalnya jarang ada yang jual di hari2 biasa,  harus pesan terlebih dahulu) kalau pesta pernikahan.


3.       Lumpia
Jajanan yang satu ini juga jagoan sy (perasaan semua makanan sy doyan deh, hahaaa). Lumpia Makassar. Bahan utama dari Lumpia Makassar yaitu bengkuang, dan bahan lainnya adalah irisan wortel dan terkadang ada juga yang memberi potongan daging kecil2. Kulit dari lumpia itu bahan dasarnya tepung terigu (gak tau lah gmn cara buatnya, hehehe). Oia yang beda yaitu saosnya (kami di Makassar biasa menyebutnya dengan “Lombok” = di baca lombo’), nah Lombok nya ini kental berwarna kecoklatan, terus biji2 dari cabainya pun masih kelihatan.
Tapi hati2 kalau makan Lumpia Makassar, soalnya ada efek sampingnya, yaitu KETAGIHAN!!. Jangan salahkan saya kalau anda sampai terjangkit efek sampingnya, kan saya udah ngasih tau sebelumnya. (gmmn gak ketagihan, enak sih, DIJAMIN !! ).
Lumpia Makassar

Lumpia Makassar yang sudah di potong

Lombok Lumpia Makassar

Tidak ada komentar: