widgeo.net

Jumat, 16 September 2011

Kawasan Somba Opu, Pusat Jajanan dan Oleh-oleh Khas Makassar

BERBURU OLEH-OLEH KHAS KOTA MAKASSAR


Tak terasa sebentar lagi waktu cuti telah usai, rutinitas kampus telah menanti kembali untuk di jalani, tanggalkan seluruh kebebasan masuki kembali kehidupan disiplin ala Praja IPDN. Perdupra, Perdispra dan Pertadupra telah siap menanti di PKD untuk mengikat kami kembali sebagai peserta didik IPDN.
                Sebelum kembali ke kampus IPDN Jatinangor, sebuah tradisi kami sesama praja yaitu tukar-menukar oleh-oleh khas daerah masing-masing. Ada yang membawa makanan khas daerah masing-masing dan ada juga yang membawa souvenir yang melambangkan daerah masing-masing. Inilah salah satu keuntungan kami Praja IPDN, karena walaupun kami belum pernah menginjakkan kaki kami di provinsi lain di Indonesia, tapi kami mengetahui makanan khas dan souvenir-souvenir khas dari provinsi lain. Kesempatan ini juga yang saya gunakan selama kuliah di IPDN selama 4 tahun, saya bermaksud untuk mengumpulkan segala macam bentuk souvenir atau cinderamata khas daerah lain dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.
                Sebagai imbalannya, saya pun wajib membawa cinderamata khas daerah saya untuk di tukar tentunya dengan cinderamata daerah lain. Akhirnya kemarin (Kamis, 15 September 2011) saya mengajak orang tua saya menuju pusat jajanan dan oleh-oleh khas Kota Makassar di Jalan Somba Opu. Letak daerah ini sangat strategis, karena berdekatan dengan objek wisata Pantai Losari, jadi wisatawan baik dalam negeri maupun wisatawan manca Negara, setelah puas keliling Kota Makassar langsung bisa mencari buah tangan di kawasan ini.
Pintu Gerbang Kawasan Somba Opu
                Konsep dari kawasan somba opu ini pun sangat bagus, yaitu city walking (bukan hanya di Braga Bandunng ada city walking, Makassar juga ada dong). Jadi kita tinggal menyusuri jalan ini, dan tinggal memilih toko mana yang ingin kita masuki. Bahkan saya pun yakin, anda pasti akan bingung toko mana yang akan anda masuki, karena semua rumah yang berada di kawasan ini merupakan toko yang menjual cindera mata khas Makassar.







Wisatawan Manca Negara menyusuri kawasan Somba Opu

suasana di kawasan somba opu

kawasan somba opu di malam hari



Berbagai toko berjejeran sepanjang jalan

                Berbagai macam jajanan makanan khas dan aneka souvenir yang bisa di jadikan buah tangan yang anda bisa dapatkan di kawasan ini, mulai dari kacang disco, aneka macam manisan, dodol hingga minyak gosok khas Makassar. Selain jajanan, Makassar juga terkenal dengan berbagai souvenir yang tentunya ingin Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan. Mulai dari kerajinan anyaman dari bambu hingga patung kecil berbentuk tarsius dapat Anda temui di ini. Toko-toko di jalan ini tidak hanya menjual makanan tetapi juga berbagai souvenir hingga perhiasaan emas.

Selain anyaman bambu, juga terdapat untaian kerang yang dibuat menjadi berbagai hiasan. Kerang-kerang ini berasal dari perairan Makassar yang memang terkenal dengan biota lautnya. Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke Bunaken untuk memperoleh kerajinan yang sangat indah ini, cukup Anda berjalan menuju toko-toko souvenir maka kerajinan ini dapat ditemui.

           
Aneka Macam Kue

Kue kampung khas Sulsel
            Masalah harga pun tidak usah khawatir, karena harga barang- barang yang di jual di kawasan ini dijamin terjangkau untuk segala lapisan masyarakat. So enggak usah takut untuk belanja banyak, karena harganya sudah dijamin, terjangkau.
Aneka Miniatur dan baju khas Makassar

Kacang Disco Jajanan terkenal dari Makassar

Aneka Minyak gosok khas Makassar

Spanduk di depan toko

Songkok to bone

Miniatur Perahu Phinisi

4 komentar:

cerita iume mengatakan...

masa cuma postingannya aja? oleh-olehnya manaaaa?????

Afif's Profil mengatakan...

ada di barak, menghadap sudah, hahaaa

inisayadanhidupsaya mengatakan...

wahhh ketemu blognya afif.. :D . kawasan somba opu emg menarik buat dikunjungi, harus bawa banyak uang buat belanja. :D

Afif's Profil mengatakan...

Lagi di makassar yah bang??
Hehhe
selamat menikmati Makassar :D