widgeo.net

Minggu, 09 Oktober 2011

Tips & trik

Tips & trik untuk mengusir rasa bosan



            Tentu kata2 “Bosan” sudah sangat familiar di telinga rekan2 sekalian. Yah menurut I Ketut Suweca seorang ekonom dalam artikelnya yang di terbitkan di kompasiana.com mengatakan demikian “Rasa bosan itu sangat manusiawi. Tak hanya dalam kaitannya kegiatan tertentu, dalam semua kegiatan-kegiatan lainnya pun acapkali kita disergap rasa bosan. Jadi, jangan terlalu dikhawatirkan kalau rasa bosan itu mendera Anda pada suatu ketika. Karena pekerjaan yang tengah Anda tangani itu mungkin merupakan pekerjaan yang juga melelahkan dan membutuhkan konsentrasi yang intens, sekali waktu rasa bosan bisa saja menyerang Anda.”
            Walaupun rasa bosan itu sangat manusiawi, namun ketika rasa bosan itu sudah mengganggu kinerja kita sehari2, mengganggu rutinitas keseharian dan menurunkan prestasi kerja kita, maka mau tidak mau kita harus segera menanganinya sebelum rasa bosan ini benar2 menghancurkan semua yang telah kita kerjakan sebelumnya. Nah beberapa waktu lalu saya sempat menanyakan pendapat dari teman2 “facebookers” mengenai apa yang mereka lakukan tatkala mereka bosan. Berikut merupakan pendapat mereka :
   1.      Ratna Putri Gumilang (SMA 23 Mathlaul Anwar Bandung)
“maen, kumpul bareng teman sambil curhatt .. haha”







  2. Miftach Fakhri (Teknik Informatika UIN Makassar)
“maen game atau baca buku bro”






   3.   Desvia “bulet” sindu (IPDN angkatan XX, Prov. Jawa Barat)
hmm,,, dengerin musik sambil nyanyi2 kecil,, atau ga ngemil,,,, hehehe





  4. Nurlela Tajuddin (IPDN angkatan XX, Prov. Sulawesi Barat)
“bosan??? tuk mngatasinya paling saya makan banyak,,kalo nda' , ya lagsung tidur sj!!dijamin,bangun" pasti hilang bosannya,“









  
   5.Rofa Therisia (STISIPOL Pancasakti Bukit Tinggi)
“liat tingkah hewan yg ada d sekitar kita,menarik buat d liat.kadang bikin ketawa.”
            Itu merupakan pendapat dari beberapa teman2ku di FB. Yah setiap orang pasti memiliki caranya sendiri untuk mengusir rasa bosannya itu, karena tiap orang kan memiliki kebiasaan dan pemikirannya masing2. Selanjutnya saya mau share artikel yang saya dapat dari blog pribadi mas dody eka putra (www.dodyekaputra.com) tentang bagaimana menghindari rasa bosan.

Mungkin kita pernah mendengar seseorang mengatakan “duh bosan rasanya mengerjakan ini terus,” atau kita sendiri pernah mengucapkan hal tersebut. mungkin cerita berikut bisa memberikan inspirasi bagi kita untuk menghilangkan perasaan bosan.
Suatu sore seorang anak yang sedang menginjak usia remaja tengah berbincang dengan ayahnya yang bijak.
“Sebenarnya apa itu perasaan “bosan”, Yah ?”
“Bosan adalah keadaan dimana pikiran menginginkan perubahan, mendambakan sesuatu yang baru, dan menginginkan berhentinya rutinitas hidup dan keadaan yang monoton dari waktu ke waktu.”

“lalu kenapa kita merasa bosan ?”
“Karena kita tidak pernah merasa puas dengan apa yang kita miliki dan apa yang telah kita lakukan,” “ibarat minum air laut, makin diminum makin haus”
“Terus..!!!, Bagaimana menghilangkan kebosanan tersebut ?”
“ Hanya ada satu cara, nikmatilah kebosanan itu, maka kita pun akan terbebas darinya.”
“ Bagaimana mungkin kita bisa menikmati kebosanan tersebut yah, padahal dia terus mengusik jiwa kita.”
“Cobalah bertanya pada dirimu sendiri nak mengenai hal hal rutin yang kamu kerjakan, misalnya kenapa kamu tidak pernah merasa bosan untuk makan nasi yang sama rasanya setiap hari ?” atau kenapa kamu tidak merasa bosan untuk minum air yang sama setiap harinya ?”
“ itu merupakan kebutuhan yah, lagian kita makan dan minum setiap hari dengan lauk pauk yang berbeda beda kan.”
“Tepat sekali anakku, tambahkan sesuatu yang baru atau ciptakan sesuatu yang baru dalam rutinitasmu maka kebosanan pun akan hilang.”
“ Tapi bagaimana cara menambahkan hal baru dalam rutinitas kita yah ?”.
“ Ubahlah caramu melakukan suatu rutinitas. Kalau biasanya kamu membaca sambil duduk di meja belajar, cobalah membaca di atas tempat tidur atau sambil santai di teras rumah. Jika biasanya kamu main internet hanya untuk game dan facebook coba sekali kali gunakan internet buat yang bermanfaat, menghasilkan uang contohnya. Jika kamu bosan internetan di rumah, sekali sekali coba ke warnet depan rumah, masih banyak contoh contoh lain nak” jelas sang ayah melanjutkan.
Akhirnya si anak mencoba melakukan apa yang telah dikatakan ayahnya. Setiap aktifitas rutinnya dia lakukan dengan cara cara yang berbeda dari biasanya. Tentu saja hal ini mampu memberikan warna dan perasaan tersendiri bagi dirinya. walaupun rutinitas yang dijalaninya tetap sama.
Kitapun adalah orang orang yang pernah mengalami perasaan bosan tersebut apalagi ketika ngeblog kehabisan ide dan tidak tahu harus  menulis apa. Atau bosan dengan rutinitas ngeblog yang begitu begitu saja. Rasa bosan ini lama kelamaan bisa membunuh kreatifitas kita dalam ngeblog yang berujung pada terlantarnya si blog yang sudah jablai tadi.
Untuk mengatasinya mungkin kita bisa pindah main internetnya, mungkin dari yang biasanya ngeblog dari Komputer di rumah bisa pindah ke warnet atau sebaliknya. Siapa tau ada ide baru muncul ketika kita main ke warnet. Berani menulis hal hal baru yang kita temukan dan amati dalam kehidupan sehari hari. Atau hanya sekedar cerita kecil yang bermanfaat seperti tips atau trik.
Jika rasa bosan itu masih anda rasakan, cobalah tinggalkan rutinitas anda untuk sementara dan mainkanlah permainan yang amat anda senangi bisa permainan masa kecil anda atau permainan yang saat ini sedang anda senangi sampai perasaan bosan itu larut bersama permainan anda dan kembalilah untuk beraktifitas seperti biasanya.
Kuncinya jalanilah rutinitas kita  dengan memberikannya warna yang berbeda setiap waktu ke waktu sehingga lebih menyenangkan. bagaimana menurut anda.

Tidak ada komentar: