widgeo.net

Senin, 10 Oktober 2011

Fenomena "OKKOTS"

OKKOTS Identitasku

     Okkots, merupakan sebutan ketika sebuah kata dalam pengucapan atau pun penulisannya tidak sesuai dengan EYD dalam Bahasa Indonesia. Menurut Mac Dhawanks dalam tulisannya yang di post kan dalam kompasiana.com menuliskan demikian “Okkots adalah sebuah ekspresi bahasa yang umum digunakan di Makassar & sekitarnya. Okkots sendiri berarti salah ucap atau salah bahasa yang maknanya salah pengucapan dalam bahasa Indonesia dan tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan dan tidak tercantum dalam KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA. Okkots bisa berarti menambahkan, mengurangi atau mengubah konsonan di ujung sebuah kata. Bentuk okkots yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah Okkots “N” & “NG”. Jadi, kata yang berakhir huruf “N” bisa menjadi “NG” begitu pula sebaliknya, kata yang berakhir huruf “NG” menjadi berakhir “N”. Namun, ada juga bentuk okkots yang lain.
     Dikalangan pemuda Makassar, fenomena okkots ini merupakan sesuatu hal yang memalukan dan sering kali dijadikan bahan tertawaan bersama. Banyak yang mengira bahwa okkots merupakan gaya bahasa bagi mereka yang berpendidikan rendah, namun tidak demikian rupanya, karena politikus, guru bahkan pejabat pun masih banyak yang sering kali okkots dalam setiap pembicaraannya. (kalau tetap tidak percaya silahkan baca cerita2 tentang okkots di www.okkots.com, dijamin ngakak :-) . Nah ini merupakan bukti bahwa okkots bukan merupakan ciri dari masyarakat tingkat bawah suku Bugis-Makassar.
     Seharusnya kita tidak usah malu mengakuinya, okkots bukanlah sebuah kekurangan melainkan sebuah kelebihan buat kita suku Bugis-Makassar, karena melalui okkots inilah identitas kita sebagai suku Bugis-Makassar mudah untuk dikenali. Okkots merupakan identitas suku Bugis-Makassar, tidak usah malu akan hal itu, kita harus bangga akan hal itu, karena okkots merupakan kebiasaan dari masyarakat suku Bugis-Makassar. Ambil sisi positifnya saja dari fenomena okkots ini, yaitu kita bisa tertawa karenanya, tapi kita tertawa bukan untuk menghina loh, karena kita orang Bugis-Makassar punya prinsip “ Sipakatau’, Sipakainga’, Sipakalebbi’ “.
     Nah berikut ini foto2 yang menggambarkan fenomena okkots

MungkinG saja, hahaaaha

Original atau ORIJINAL ??


Bahasa Inggris pun di "Okkots-kan"
Kan seharusnya Angkutan Kota 


Seharusnya STOP


Pansit atau Pangsit??
Ballassi Jarang , hahahaaaa


Okkots Stadium 1 ini, ckckck


Surat Kabar pun gak ketinggalan, ikut okkots juga ;)
kata "Person" di okkots-kan, ya gini deh jadinya ;)


Tukan Gigi, bisa memperbaiki gigi yang rusaT, wkwkwk


Menu Andalan RM ini adalah "Nasi Kunin"

Ini masih termasuk Gaptek gak yah??

Translate : Rias pengantin, Sanggul, Facial, Creambath, Cuci blow

Dilaran memancin, ombat tinggi, hahahaa
Ckckckck, Parah !!

Ku kira air GALONG deh, ternyata air GALUM, wkwkwk

Wah ini lebih hebat dari X-Box coy, keluaran terbaru dari SONY, PLESTISEN !


Yah itulah keunikan dari daerahku, Okkots. Ini bukanlah sebuah kekurangan, melainkan sebuah kelebihan, karena Okkots adalah Identitasku sebagai suku Bugis-Makassar.

4 komentar:

Daeng BulanQ mengatakan...

Mantap sangat daeng.....Lucu Kok....

Unknown mengatakan...

Hehehehwe
ie mksh dinda :)

Unknown mengatakan...

ada2 saja idenya.. produktif kali ko daeng,, lanjutkan... !

Unknown mengatakan...

Hahaha...ia mksh ayumie :)