widgeo.net

Minggu, 25 Desember 2011

Mari belajar Bahasa Inggris

Kemampuan VS Percaya diri dalam Berbahasa Inggris

Apakah Anda merasa malu ketika Anda berbicara dengan menggunakan Bahasa Inggris? Apakah anda merasa pronunciation Anda buruk? Apakah Anda takut ketika membuat banyak kesalahan tata bahasa ketika berbicara Bahasa Inggris?
Ketika itu terjadi kepada anda maka anda termasuk orang yang tidak memiliki kepercayaan diri dalam berbicara bahasa inggris. Banyak orang yang paham dan bisa berbahasa inggris, namun karena tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup sehingga ketika dia memulai untuk berbicara bahasa inggris mereka merasa malu, takut bahkan grogi. Hal ini yang kemudian bisa menganggu keinginan kita untuk berbicara bahasa inggris dengan orang lain. Kita juga biasa merasa minder, takut bahasa inggris kita di tertawakan karena banyak yang salah, sehingga walaupun kita memiliki kemampuan bahasa inggris yang cukup memadai namun karena tidak memiliki rasa percaya diri dalam berbahasa inggris sehingga kita akan terlihat seperti orang yang baru belajar bahasa inggris.
Banyak cara untuk bisa belajar bahasa inggris, tempat kursus bahasa inggris sudah ada dimana-mana, berbagai metode telah di ciptakan untuk memudahkan kita memahami bahasa inggris dan agar kita lancar berbicara dalam bahasa inggris. Berlatih berbicara di depan cermin merupakan cara klasik yang sangat favorit di lakukan untuk melatih kemampuan bercakap kita. Namun walaupun kita sudah berusaha keras berlatih dan belajar, ketika kita melihat native speaker, seringkali kita masih sungkan untuk menghampirinya untuk sekedar menegur atau mencoba untuk mengajaknya ngobrol. Padahal sebenarnya diri kita memiliki kemampuan untuk berbicara dalam bahasa inggris.
Percaya diri merupakan sesuatu yang sangat penting dan sangat kita butuhkan ketika kita ingin berbicara dengan menggunakan bahasa inggris. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang sudah mengikuti les selama bertahun-tahun, berusaha mempelajari bahasa inggris dengan sungguh-sungguh namun ketika berbicara dengan menggunakan bahasa inggris mereka masih merasa kesulitan. Tidak adanya percaya diri menyebabkan kemampuan kita tertutup oleh berbagai perasaan takut, khawatir, malu dll.
Namun sebenarnya percaya  diri saja tidak cukup, di butuhkan setidaknya kemampuan untuk berbicara bahasa inggris. Karena ketika kita hanya mengandalkan kepercayaan diri kita tanpa di barengi dengan keinginan untuk belajar bahasa inggris dan kemampuan dalam berbahasa inggris maka kita hanya akan menjadi bahan tertawaan bagi orang lain, dan  hal ini nantinya cepat atau lambat akan merusak mental kita, sehingga keinginan untuk mempelajari bahasa inggris menjadi hilang secara perlahan.

Tidak ada komentar: