widgeo.net

Rabu, 02 April 2014

Tua itu Pasti, Dewasa itu Pilihan



Kawan pernahkah kau dengarkan kalimat ini

“Tua itu PASTI, Dewasa itu PILIHAN. . . “

Yahh, seiring berjalannya waktu, umur kita pun kian hari kian bertambah. Namun Kedewasaan pada manusia tidak sejalan dengan umur kita, karena Dewasa itu pilihan, diri kita sendirilah yang memilih, kapan kita ingin Dewasa.

Pilihan inilah yang coba saya ambil semenjak memasuki pendidikan di perguruan tinggi.
Belajar mandiri, berani menghadapi masalah dan berusaha menyelesaikan setiap permasalahan dengan usaha sendiri merupakan beberapa hal yang harus saya lakukan ketika memulai pilihan untuk menjadi dewasa. Susah, sedih bahkan kecewa akan usaha yang belum juga menampakkan hasil, kejamnya kehidupan dunia kerja, serta manajemen keuangan yang harus di atur sebegitu ketatnya ketika gaji tak kunjung cair, namun berbagai kebutuhan mendesak untuk segera dipenuhi. Yahh itulah mungkin yang di sebut warna-warni kehidupan, karena hidup itu indah dengan adanya tantangan-tantangan yang menghiasinya.

Cepat atau lambat, dalam kehidupan ini kita tetap akan di tuntut untuk menjadi dewasa, untuk bertanggung jawab atas segala tindakan-tindakan kita, atas segala keputusan-keputusan kita.

Namun di balik semua itu kawan, jangan lah kau pandang hidup ini sebagai sebuah penderitaan, hidup ini harus tetap kita jalani, susah senang, sedih bahagia, itulah hidup. Sebuah fase kehidupan sebelum menuju fase kehidupan selanjutnya. Kehidupan di dunia hanyalah sebuah persinggahan dan merupakan sebuah ujian untuk menentukan posisi kita nantinya pada kehidupan di fase selanjutnya. Disetiap masalah yang kita hadapi, nikmatilah sebagai sebuah proses pendewasaan kita. Ketika masalah datang menghadang, jangan menghindar, hadapi dan selesaikanlah. Maka niscaya kau kan menjadi jauh lebih kuat dan lebih baik dari sebelumnya. Ketika kau gagal menghadapinya, jangan sedih, jangan kecewa dan jangan berhenti. Coba lagi, coba lagi dan teruslah mencoba. Karena di setiap kesulitan, terdapat kemudahan. Setiap kegagalan, terdapat kesuksesan yang telah menunggu bagi mereka yang gigih dan pantang menyerah.

Tidak ada komentar: